SISTEM KEPARTAIAN (satu partai, dua partai, dan multipartai)

ADMIN
                         ANALISIS TENTANG SENI BUDAYA DAN PROBLEMATIKA
                         WARALABA/FRANCHISE MENURUT HUKUM ISLAM

A.      SISTEM KEPARTIAN

Pembahasan sistem kepartaian di suatu negara dalam berbagai literatur didasarkan pada jumlah partai politik yang memiliki kekuasaan sebagai major party. Berdasarkan major party dikenal adanya sistem satu partai, sistem dua partai, dan sistem multipartai.[1]

1.       Sistem Satu Partai

Sistem satu partai adalah sistem politik dalam suatu negara yang hanya dikuasai oleh satu partai dominan. Dalam sistme ini mungkin terdapat partai-partai lain, namun kekuatannya tidak signifikan dan hanya ada satu partai yang menguasai pemerintahan. Namun, sistem satu partai juga dapat terjadi dengan dibentuknya satu partai negara yang disertai larangan pembentukan partai politik lain. Sistem ini pada prakteknya mendekati sistem tanpa partai (non-party system).
Partai politik yang dominan dalam sistem satu partai atau partai politik tunggal di suatu negara disebut dengan parteinstaat, sedangkan rezimnya disebut dengan partitocrazia. Partai politik tersebut mendominasi negara dan “mengolonisasi” wilayah-wilayah penting negara dan masyarakat sehingga memiliki kecendrungan terjadinya penyalahgunaan kekuasaan. Sistem satu partai merupakan salah satu ciri negara otokrasi (autocrazy).
Model partai tunggal terdapat di beberapa negara, seperti di negara-negara Afrika (Ghana di masa Nkrumah, Mali, Pantai Gading), negara-negara eropa timur sebelum keruntuhan Komunisme Soviet, dan di Cina. Suasana kepartaian non-kompetitif karena tidak dibenarkan melawan kekuasaan partai negara. Kecenderungan untuk memilih sistem satu partai biasanya pada negara yang dihadapkan pada masalah integrasi sosial.

2.       Sistem Dua Partai  

Sistem dua partai adalah sistem politik suatu negara yang memiliki dua partai utama (major party) dengan kemungkinan adanya partai politik lain, namun tidak signifikan. Hanya terdapat dua partai politik yang kekuatannya mungkin menguasai parlemen atau membentuk pemerintahan. Terbentuknya dua partai politik utama terkait dengan sistem dan latar belakang sosial negara tertentu. Ide sistem dua partai di Inggris misalnya, terbangun dari praktik yang mengidealkan sistem pemilihan single member district yang dipercayai dapat menjaga hubungan antara elit dan pendukungnya.
Selain karena sistem kabinet dan sistem pemilihan, terbentuknya dua partai politik utama di Inggris dipengaruhi oleh latar belakang agama yang dianut masyarakatnya, yaitu Katolik dan Protestan. Umat Katolik cenderung konservatif sedangkan protestan cenderung Liberal dan berafiliasi kepada partai Buruh. Di Amerika Serikat, dua partai politik utama, Republik dan Demokrat, pada awalnya mempresentasikan dua kepentingan yang berbeda, antara wilayah selatan dan utara, antara pemilik tanah dan budak, dan antara kaum pengusaha dan dengan buruh pabrik. Sedangkan dua kekuaatan utama di Jerman pada mulanya terbentuk berdasarkan perbedaan ideologi pasca kekuasaan Bismark, yaitu antara penganut sosialis dan nasionalis liberal.

3.       Sistem Multipartai

Sistem multipartai adalah suatu sistem politik di mana dalam suatu negara tidak terdapat satu partai politik tertentu yang mungkin menjadi mayoritas absolut untuk dapat menguasai lembaga perwakilan, atau membentuk pemerintahan tanpa berkoalisi dengan partai lain. Sistem multipartai memiliki kelebihan terutama bagi negara yang memilik struktur heterogen dalam masyarakatnya. Namun, sitem ini dipandang memiliki kelemahan dari sisi pemerintahan yang dihasilkan , yaitu cenderung tidak stabil karena tidak ada partai yang dominan, khususnya pada sistem pemerintahan parlementer. biasanya berkembang di Belanda, Prancis, Swedia, dan Indonesia. Sistem multipartai biasanya berkembang


[1] Moh.Kusnadi dan Bintan R. Saragih, Ilmu Negara, Edisi Revisi, Cetakan keempat, Jakarta: Gaya Mdia Pratama, 2000. Hlm. 268-269.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.