MENGHAMBAT PENYEBARAN SEL KANKER PAYUDARA

ADMIN
Zaman sekarang telah banyak penyakit yang mengancam manusia, dari penyakit yang bisa disembuhkan sampai kepada penyakit yang belum dapat disembuhkan. Penyakit ganas yang paling banyak mengancam perempuan adalah kanker payudara. Ada beberapa macam kanker payudara salah satunya adalah kanker payudara triple negative karena penyakit ini untuk kesembuhannya hanya 2% sulit diatasi. Saat ini diperkirakan sekitar 10-20 persen dari kasus payudara merupakan jenis triple negative payudara.
Dalam kanker payudara triple negative tidak didapati adanya reseptor estrogen, progesterone, ataupun HER2 pada sel-sel kanker. Hal ini membuat kanker payudara triple negative tidak memberikan respon pada terapi yang menargetkan ketiga reseptor tersebut sehingga lebih sulit untuk diterapi.
Penyembuhan obat yang telah disetujui untuk terapi kanker payudara jenis reseptor estrogen positif ternyata memiliki potensi lain. Obat yang dikenal sebagai inhibitor CDK 4/6 berpotensi menghentikan penyebaran jenis kanker payudara triple negative. Dalam penelitian baru Inhibitor CDK 4/6 dapat berperan dalam menghentikan penyebaran sel kanker payudara triple negative agar tidak menyebar ke berbagai anggota tubuh lainnya. Hal ini diungkapkan oleh peneliti sekaligus pimpinan Women’s Cencer Program di Mayo Clinic, Dr Matthew Goetz, bersama dengan tim peneliti lainnya melalui jurnal Nature Communications. Tim peneliti melakukan pengujian pada sejumlah kanker payudara triple negative. Salah satu diantaranya merupakan tikus dengan immunodefesiensi yang ditanamkan jaringan tumor manusia.
Mereka menilai obat inhibitor CDK 4/6 secara siginifikan menurunkan penyebaran sel-sel kanker ke organ-organ terdekat. Hal ini dilakukan obat tersebut dengan cara menargetkan pengobatan pada sebuah protein bernama SNAIL yang diketahui mendorong metastasis (penyebaran) kanker.
Penemuan ini membawa angina segar dan kabar baik untuk penyebaran jenis kanker payudara triple negative.
Sumber : Republika.com

>>>Baca Juga Cerita Unik



Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.