KEUNIKAN PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU, PONDOK TERTUA DI INDONESIA

Unknown

Pondok Pesantren adalah sebuah pendidikan formal yang berbasis agama dengan memberikan pengetahuan seputar keagamaan seperti bahasa, sejarah keislaman, bahkan mengkaji tentang kandungan Al-Qur'an serta mempelajari uslub-uslub yang terkandung didalam A-Qur'an.
Di indonesia, pondok pesantren merupakan sekolah yang sangat dihormati, dari para kyai yang mengajar, para santri, hingga para alumninya. Tak heran jikalau para santri dan alumninya dihormati didaerahnya karena menurut pandangan masyarakat, mereka memliki kedalaman ilmu keagamaan.


sebut saja Pondok Pesantren Musthafawiyah, sebuah pesantren yang berlokasi di Desa Purba Baru, Kabupaten mandailing Natal , Tapanuli selatan , Sumatera Utara, pondok ini lebih dikenal dengan sebutan pesantren purba baru. sebuah pesantren tertua di Sumatera Utara yang umurnya 104 tahun. berdiri sejak 12 November tahun 1912.
Syekh Musthafa Husein bin Husein bin Umar Nasution al-Mandaily adalah pendiri pondok pesantren tersebut, dan Musthafawiyah diambil dari nama pendiri itu sendiri "Musthafa". telah kita ketahui bahwa musthafa adalah sebutan dari nabi muhammad saw. pemimpin ummat islam sekaligus panutan, pendiri itu sendiri berharap bahwa Musthafawiyah menjadi sekolah yang menjadikan panutan dalam mempejari keislaman di daerahnya maupun orang-orang di luar daerahnya, yang dalam bahasa kami menyebutkan, orang yang menyantri disini adalah orang-orang pilihan sesuai dengan makna Musthafa (pilihan). Hingga sekarang jumlah santri di pondok pesantren tersebut mencapai 12.000 orang santri, dan karna letak pondok ini berada di pinggir jalan besar medan dan padang sehingga pondok ini sangat unik jika dilihat oleh orang-orang yang melewatinya, bagaimana tidak unik! pondok ini dibuat oleh santri-santri yang tinggal dilokasi tersebut, berbentuk seperti kandang kambing guys (kecil) dan jumlahnya sangat banyak.
salah satu yang menjadi perbedaan disini adalah, dalam hal kemandirian, santri-santri disini lebih diajarkan kemandirian seperti menyuci pakaian sendiri, memasak, berorganisasi, kekeluargaan, membangun pondok yang terbuat dari kayu, sungguh luar biasa. 
guru-guru disini biasanya dipanggil oleh santri/santriyati dengan sebutan Ayah agar lebih menjadi seperti keluarga dengan santrinya, dan penyebutan untuk santri laki-laki disebut dengan Pokir dan santri perempuan dipanggil dengan sebutan Fatayat. alumni-alumni di Musthafawiyah sudah menyebar ke seluruh pelosok dunia, dari arab, mesir, yaman, malaysia, singapore dan lain-lainnya.  


sengolot
pondok pesantren Musthafawiyah
sungai singolot merupakan sungai idaman para santri maupun alumni pondok pesantren musthafawiyah, selain airnya sejuk juga kekelatan airnya juga menjadi kekhasan sungai tersebut dibandingkan dengan sungai lainnya yang rasanya tawar. 
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.