PERBEDAAN ANTARA MALAIKAT, BINATANG DAN MANUSIA

ADMIN
MALAIKAT, BINATANG DAN MANUSIA


Makhluk Allah terbagi ke dalam tiga jenis: Pertama, adalah malaikat. Mereka hanya mengfokuskan diri secara murni pada ibadah. Ketaatan, ibadah dan zikir adalah sifat dan makanan mereka. Mereka makan dan hidup dengan semua esensi tersebut. Seperti ikan yang hidup di dalam air, alas dan bantal mereka adalah air. Malaikat tidak memilik nafsu karena mereka tidak dikaruniai syahwat sehingga mereka suci darinya. Lantas apa yang mereka peroleh dari tidak memiliki nafsu di dalam jiwa? Karena mereka suci dari nafsu, maka tentu saja tidak ada usaha bagi mereka untuk melepaskan diri dari hawa nafsu. Ketika mereka menaati apa yang Allah perintahkan, maka hal itu tidak lagi disebut sebagai sebuah ketaatan, sebab ketaatan adalah sifat mereka, mereka juga tidak memiliki kuasa sedikit pun untuk tidak taat.

Jenis yang kedua adalah binatang, yang mana di dalam dirinya hanya ada nafsu belaka. Mereka tidak memiliki akal yang dapat mencegah mereka dari hawa nafsunya. Mereka juga tidak dibebani tanggungjawab apapun.

Adapaun jenis yang ketiga adalah menusia. Mereka memiliki akal dan juga hawa nafsu. Setengah dari dirinya adalah malaikat, dan setengahnya yang lain adalah binatang. Setengah ular setengah ikan. Ikan menarik dirinya ke lautan, sementara ular menarik dirinya kedaratan. Mereka selalu berada dalam pergulatan dan peperangan “barangsiapa yang akalnya mengalahkan hawa nafsunya, maka ia lebih mulia dari malaikat, dan siapa yang hawa nafsunya mengalahkan akalnya, maka ia lebih rendah daripada binatang”.[1]

Sebagian anak Adam lebih memilih untuk mengikuti akalnya ketimbang hawa nafsunya sehingga mereka sampai pada tingkat malaikat dan cahaya murni. Mereka ini adalah para nabi dan wali, mereka telah terbebas dari kungkungan rasa takut dan harapan, karena itulah, “maka tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (QS.al-Baqarah: 38).

Adapun sebagian yang lain lebih memilih untuk memenangkan hawa nafsunya ketimbang akal, sehingga mereka benar-benar menjadi seperti binatang. Sedangkan sisanya masih terus dalam pergulatan antara hawa nafsu dan akal. Mereka adalah sekelompok orang yang dalam diri mereka berbaur perasaan gelisah, sakit, sedih, menderita, dan tidak puas dengan hidup yang mereka jalani. Mereka adalah orang-orang mukmin yang ditunggu oleh para wali untuk membawa mereka kembali ke tempat asal mereka, untuk membuat mereka sepeti para wali itu. Di tempat lain, mereka juga ditunggu oleh para setan yang akan menyeret mereka ke tempat yang paling rendah dan dijadikan sebagai kolega mereka.



[1] Maulana Rumi berpendapat bahwa pernyataan ini adalah hadist nabi, sementara beberapa ulama lainnya berpendapat bahwa pernyataan ini adalah ucapan Sayyidana Ali bin Abi Thalib. Adapun yang benar adalah pendapat yang kedua.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.