Cara Menampilkan Partisi atau Localdisk yang tersembunyi

ADMIN
Hai sobat Edukasi, kali ini mimin mau bagi-bagi ilmu ni, bagaimana caranya mengembalikan Partisi/Local Disk yang hilang, Mungkin sobat Edukasi pernah ngalamin kejadian seperti ini, disebabkan karna salah tekan atau habis uninstal aplikasi, yang awalnya ada tiba-tiba partisi/local disk menghilang. Nah kalau kamu ngalamin kejadian seperti ini jangan panik sob. ada kok caranya untuk mengembalikan pastisi/local disk tersebut tanpa harus format hard disk/ganti hard disk, langsung dari CMD y sob, ikuti langkah ini  :

1. coba kamu chek dulu partisi mana yang hilang, misalnya Local Disk D dan E hilang, yang tertera di  Windows Explore hanya C dan F. 
2. buka CMD dengan cara klik WIN+R secara bersamaan, kemudian ketik COMMAND lalu enter akan muncul seperti ini :



4. setelah itu ketik perintah LIST VOLUME  lalu enter nanti akan muncul daftar partisi/local disk kamu semuanya. Coba di perhatikan localdisk/partisi mana yang hilang di windows explore. misalnya tadi localdisk/partisi D dan E hilang, tinggal cari saja partisi D dan E


5. Setelah ketemu partisi yang hilang, perhatikan kata VOLUME di CMD kan ada angka disebelahnya. misalnya localdisk kamu yang hilang D maka dia berada di VOLUME 3. ok mimin lanjutin lagi ya... ketik kata SELECT VOLUME 3 lalu enter kemudian ketik kata ASSIGN LETTER D enter, tunggu sebentar nanti akan muncul kalimat konfirmasi seperti contoh gambar di bawah ini :


6. Setelah muncul kalimat konfimasi seperti ini "DiskPart Successfully Assigned The Driver Letter or Mount Point" itu tandanya kamu sudah berhasil. Coba kamu periksa kembali di Windows Explore, nah sangat mudah bukan. untuk menambahkan locakdisk/partisi yang lain tinggal enter kembali lalu ketik "SELECT VOLUME 4" misalnya yang hilang kemudian enter lalu ketik lagi ASSIGN LETTER Z. Gitu dech... heheh semoga info ini bisa menambah lagi wawasan kita, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk koment.
 Terimakasih


Download Button
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.