Cara memperbaiki hardisk external yang bermasalah DISK STRUCTURE IS CORRUPT AND UNREADABLE

cara memperbaiki hardisk external, memperbaiki hardisk yang disk structure is corrupt
ADMIN
Hai sobat Edukasi, kali ini mimin ingin memberikan pengalaman sekaligus solusi untuk sobat Edukasi dalam memperbaiki Hardisk External yang mengalami kendala tidak bisa dibaca dan keluar tulisan Disk Structure is Corrupt and Unreadable. Sempat mimin kebingungan tujuh keliling karna hardisk External yang baru dibeli dan banyak data yang baru dipindahkan, Sempat browing ke mbah google namun belum ada pencerahan, dan akhirnya hidayah datang dari teman Informatika. hahahha
Hardisk External adalah kebutuhan yang sangat diperlukan untuk menyimpan data, apalagi kalau Hardisk Internal pada PC/Laptop udah merah/full storage, gimana ya mau nyimpan data lagi kalau udah full. Hardisk External adalah hardisk portable yang bisa dibawak kemana-mana, gak perlu bawah Laptop, cara penggunaanya pun sangat mudah tinggal dicolokin aja tu kabel hardisknya. Di mana ada kemudahan pasti ada juga kesulitannya, walaupun hardisk external memiliki kelebihan tetapi tetap juga ada kekurangan, seperti rusak, tidak terbaca file, yang inilah yang itulah dan lebih parahnya lagi kenak virus.... jadi berhati-hatilah dalam menggunakan hardisk external.

Mimin pernah mengalamin hal demikian ketika di klik pada drive hardisk external, folder tidak bisa dibuka sedikitpun lalu nongol tu tulisan disk structure is corrupt and unreadable, lalu dengan sedikit polesan akhirnya hardisk mimin sudah kembali normal tanpa kehilangan data sedikitpun. Pada kesempatan kali ini mimin mau memberikan solusi hardisk yang error, hardisk masih terbaca namun tidak bisa dibuka, keluar tulisan seperti yang disebutkan tadi.

#1. Coba colokkan kembali hardisk externalnya masih terdeteksi di windows, jika tidak mimin gak bisa bantu mungkin solusinya kembalikan ke toko mintak garansi.
#2. Gunakan Laptop/PC yang memiliki kemampuan yang bagus/speknya tinggi agar dalam menjalankan perbaikan tidak terjadi kendala apapun.
#3. Setelah terdeteksi di PC/Laptop kemudian lihat letak Drivernya, misal gue di

#4. Buka CMD lalu klik kanan pilih Run as Admin tunggu sampai seperti ini.


#5. Setelah terbuka CMD, lalu ketik CHKDSK G: /F /R kemudian enter.
CKHDSK G: perintah untuk memeriksa hardisk yang terletak di drive G. /F: Perintah untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector. /R: perintah untuk merepair error, menemukan bad sector dan merecover data.
#6. Setelah itu sistem akan melakukan fix and recovery secara otomatis. Nahh disini yang pentingnya, Laptop/PC jangan sampai mati, tekanan listrik harus memadai jangan sampai mati lampu guys, sebab proses perbaikian ini akan memakan waktu yang sangat lama, mimin kemaren membutuhkan waktu sekitar 5/6 jam sebenarnya tergantung dari kapasitas Hardisk external yang kamu miliki semakin besar kapasitasnya semakin lama proses perbaikannya. ingat guys jangan sampai mati Laptop/PC anda, memungkinkan jika itu terjadi akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi jadi berhati-hati.

Jika sudah selesai maka tinggal close CMD kemudian buka kembali drive G nya, berhasil atau tidak, kalau mimin kemarin berhasil dan tidak ada data satu pun yang hilang. Namun jika kamu tidak berhasil silahkan kembalikan kepada toko yang anda belik mintak di ganti... mungkin hanya ini mimin yang mampu memberikan informasi ini, jika bermanfaat silahkan di SHARE kepada teman-teman dan jangan lupa untuk komen dibawah ini. Terimakasih


Download Button
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.