Pengertian Kriminologi dan Penjelasannya

PENJELASAN MENGENAI KRIMINOLOGI
ADMIN

KRIMINOLOGI

Kriminologi adalah lmu pengetahuan yang mempelajari atau mencari sebab-musabab kejahatan, akibat-akibat yang ditimbulkan dari kejahatan, dan untuk menjawab alasan-alasan seseorang melakukan kejahatan.
Menurut Muhammad (2007:2), ruang lingkup pembahasan dalam kriminologi dapat dibagi menjadi:
1. Kejahatan, prilaku menyimpang, dan kenakalan;
2. Pola tingkah laku kejahatan dan sebab musabab terjadinya kejahatan;
3. Korban kejahatan;
4. Reaksi sosial masyarakat terhadap kejahatan.
Beberapa pemikiran tentang kejahatan, di antaranya sebagai berikut.

1. Demonologis

Demonologis merupakan pemikiran awal yang dikembangkan atas dasar pemikiran yang tidak rasional, suatu tingkah laku kejahatan yang dilakukan oleh individu merupakan pengaruh dari roh jahat. Benar atau salahnya tingkah laku ditentukan oleh definisi kepala suku atau orang yang dianggab sebagai dewa. Pemikiran ini masih bersifat konvensional. Tindakan pelanggaran yang dianggab paling serius bagi demonologis adalah mempergunakan ilmu hitam atau dikenal dengan black magic. Hukuman yang digunakan juga masih bersifat tradisional yang ditujukan untuk mengusir roh jahat dalam diri individu tersebut, seperti membakar individu yang memiliki ilmu hitam.

2. Klasik

Dalam pemikiran klasik, tingkah laku jahat yang dilakukan oleh manusia merupakan cerminan dari adanya konsep "free will" atau kehendak bebas. Dalam penjelasan mengenai pemikiran klasik dengan konsep free will ini menganggab bahwa individu memiliki pilihan dan pemikiran untuk menentukan tindakan yang akan mereka lakukan. Hukuman yang diterapkan pada pemikiran ini bersifat umum sesuai dengan kejahatan yang dilakukan. Tokoh pemikiran klasik ini, antara lain Cesare Beccaria dan Jeremy Bentham.

3. Neo Klasik

Neo Klasik muncul sebagai bentuk kritikan terhadap kalsik yang menyamakan hukuman setiap orang tanpa tanpa mempertimbangkan usia, fisik, dan kondisi kejiwaan seseorang.

4. Determinisme

Determinisme adalah suatu penjelasan mengenai kejahatan bahwa tingkah laku jahat merupakan pengaruh faktor-faktor tertentu. Ada beberapa paradigma dalam determinisme, yaitu:

a. Positivisme

Salah satu tokoh yang terkenal dalam paradigma positivisme ini adalah Cesare Lombroso yang menghubungkan tingkah laku jahat dengan kondisi biologis atau fisik seseorang.

b. Interaksionisme

Dalam paradigma interaksionisme, tingkah laku jahat merupakan definis dari hasil interaksi. Seseorang dianggab jahat ketika orang lain melihat bahwa tingkah laku tersebut adalah jahat atau menyimpang. Teori yang terkenal pada paradigma interaksionis adalah teori "labeling" Tokoh-tokohnya antara lain Edwin Lemert, Becker, Kitsuse, dan Goffman.

c. Konflik

Tingkah laku jahat merupakan suatu definisi yang dibuat oleh penguasa terhadap tingkah laku yang ditujukan untuk kepentingan penguasa. Tokoh-tokohnya antara lain Bonger, Quinney, Taylor, Vold, dan J.Young.

d. Pos Modern Kriminologi

Paradigma ini memandang bahwa kejahatan merupakan konsep yang harus didekonstruksikan bahwa kejahatan merupakan konsep yang harus didekonstruksikan. Tiga buah pendekatan dalam paradigma ini, yaitu realisme, feminisme, dan konstitutif.

e. Budaya

Paradigma budaya melihat tingkah laku jahat dalam konteks budaya yang berbeda. Jika satu kebudayaan tertentu, suatu tindakan dianggab sebagai tingkah laku jahat, pada kebudayaan lain belum tentu dipandang demikian.

Dalam teori Lombroso disebutkan bahwa mengidentifikasikan kejahatan dapat dilihat dari bentuk tubuh seseorang atau sinyalemen, dan tanda-tanda khusus seseorang. Akan tetapi, menurut para ahli kriminologi, sebab-sebab kejahatan tidak mungkin dicari hanya pada satu faktor yaitu ciri-ciri khususdan bentuk tubuh seseorang, yang dipandang dapat menerangkan sebab kejahatan pada umumnya ataupun suatu kejahatan yang khusus. Yang dapat dicari hanyalah faktor-faktor yang berhubungan dengan sejumlah faktor lain yang akan mengahsilkan kejahatan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.