PERBEDAAN SISTEM KETATANEGARAAN INDONESIA DAN MALAYSIA

ADMIN

Tugas    : Perbandingan HTN
A.      Faktor-Faktor yang melatarbelakangi system Indonesia dan Malaysia
Faktor  yang mempengaruhi perbedaan sistem ketatanegaraan Indonesia dengan Malaysia tidak lepas dari adanya faktor sejarah yang mempengaruhi kedua negara tersebut. Indonesia merupakan jajahan Belanda(eropa continental) system hokum ini juga disebut sebagai Civil Law berasal dari Romawi Kuno, sedangkan Malaysia merupakan jajahan Inggris (anglo saxon) system hokum tersebut juga disebut Common Law, sehingga masing-masing negara penjajah membawa pengaruhnya ke dalam negara jajahan mereka. Malaysia yang merupakan negara federasi sebelum masa kemerdekaannya merupakan jajahan Inggris. Sehingga dalam menyusun dan mengatur sistem ketatanegaraannya berkiblat pada Inggris dengan parlementernya. Sedangkan di Indonesia sendiri merupakan bekas jajahan negara Belanda, dimana sebelum kemerdekaannya banyak hal dari sistem pemerintahan Belanda yang membekas di Indonesia. Termasuk sistem ketatanegaraan, sistem pemerintahan, dan lain sebagainya


Indonesia
Malaysia
Konstitusi
UUD 1945
KONSTITUSI PERSEKUTUAN
Eksekutif
Badan eksekutif negara Indonesia terletak pada presiden yang mempunyai dua kedudukan sekaligus, yaitu sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan. Badan ini eksekutif terdiri dari Presiden, wakil presiden, dan para menteri-menteri.

Posisi eksekutif dijabat oleh seorang Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Perdana menteri yang bertugas memegang kuasa pengatur dan sebagai penggerak pemerintahan negara. Sedangkan  Raja/Sultan Yang di-Pertuan Agong sebagai kepala negara

Legislatif
Kekuasaan legislatif mempunyai peranan untuk membuat undang-undang. Dalam hal legislatif di Indonesia menggunakan sistem bikameral dengan  DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah) yang mempunyai peranan untuk membuat undang-undang. Dimana Anggota DPR dan DPD menjadi anggota MPR.

kekuasaan legislatif Malaysia memiliki sistem bikameral yang terdiri dari Senat (Dewan Negara) dan House of Representatives (Dewan Rakyat).

Yudikatif
Badan ini merupakan badan Kekuasaan kehakiman. Bertugas mempertahankan pelaksanaan undang-undang (penegak undang-undang). Badan yudikatif Indonesia adalah Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY).

Badan Kehakiman merupakan badan ketiga dalam sistem kerajaan Malaysia. Kekuasaan kehakiman ini dipengang oleh Mahkamah Tinggi & Mahkamah Rendah

HAM
Hak Asasi Manusia di Indonesia merupakan hak-hak warga negara yang dijamin dan dipahami secara seimbang dengan kewajibannya. Adapun esensi hak-hak pokok yang dijamin meliputi hak asasi pribadi, hak bidang politik, hak bidang ekonomi, hak bidang sosial, hak asasi bidang pendidikan, hak asasi bidang kebudayaan, hak asasi bidang hukum, hak asasi kemanusiaan, hak asasi bidang pertahanan keamanan.

Perlembagaan Persekutuan merupakan dokumen perundangan utama Malaysia yang mana telah didrafkan pada 1955 oleh sebuah Jawatan kuasa kerja yang dianggotai oleh perwakilan British, penasihat-penasihat Majlis Raja-raja dan ketua-ketua ahli politik. Draf itu kemudiannya telah dihalusi oleh Suruhajaya Reid yang membawa kepada kemerdekaan Persekutuan Tanah Melayu. Hak asasi manusia telah disenaraikan di dalam Bahagian II Perlembagaan Malaysia dan mempunyai sembilan fasal.
Bentuk Pemerintahan
Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Di negara yang menggunakan bentuk pemerintahan republik konstitusional, kekuasaan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tidak diwariskan
Bentuk pemerintahan Malaysia adalah Monarki Konstitusional, yaitu berupa kerajaan yang diatur oleh konstutisional. Dimana kepala negaranya merupakan seorang raja yang disebut dengan Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia). Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia) dipilih dari dan oleh sembilan Sultan Negeri-Negeri Malaya





Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.