LIMA KEKAISARAN TERKUAT ABAD 20

ADMIN
Sejarah mencatat bahwa politik abad ke-20 sangat luar biasa dan juga perubahan serta penemuan di abad-20 sagatlah besar, pada abad 20 banyak Negara memperoleh kemerdekaan mereka tak luput pula lembaga-lembaga Internasional tercipta seperti PBB, IMF, WTO dan lain-lain.
Lembaga-lembaga ini menjadi kuat dari pada Negara tunggal atau aliansi Negara. Adapun sebab timbulnya lembaga-lembaga tersebut yaitu karena dunia dikuasai dan dikendalikan oleh Negara yang menjalankan system pemerintahan colonial kepada Negara-negara lain. Adapun yang menjadi target daripada colonial adalah ekonomi, politik, budaya dan militer. Selama abad 20 ada beberapa Kerajaan Kolonial yang Paling kuat yaitu:
1.      KERAJAAN AUSTRIA-HONGARIA
Kerajaan ini juga dikenal sebagai kerajaan ganda atau Negara dualistic (1867-1918) dari kerajaan Hongaria pemerintahan sendiri dan perwakilan dalam urusan bersama (terutama hubungan international dan pertahanan) dengan daerah barat dan utara kerajaan Austria dibawah para kaisar Austria yang juga menjabat sebagai Raja Hongaria dari dinasti Habsburg.
Federasi ini melahirkan nama “kerajaan dan negeri yang diwakili dalam dewan kekaisaran dan negeri Mahkota Hongaria Suci”.
Austria-Hongaria berasal pada tahun 1867 dalam penggabungan antara bangsawan Hongaria dan Monarki Habsburg dalam mencapai kekaisaran Austria kuno pada tahun 1804. Di dalam perjalanannya Kekaisaran ini mengalami pertikaian politik antara 11 kelompok nasional yang utama, dan kekaisaran ini lenyap pada sebagai akibat perang dunia 1.
2.      KERAJAAN ITALIA
Kekaisaran Italia dibentuk setelah kerajaan Italia bergabung dengan kekuatan-kekuatan di eropa dalam mendirikan koloni di seberang lautan selama proses ‘perebuatan Afrika”.
Negara Italia modern sebagai Negara yang bersatu, baru ada sejak tahun 1861. Pada masa ini Prancis, Spanyol, Portugal, Britania dan Belanda telah menjadi kekaisaran besar di dunia selama beberapa abad. Salah satu daerah yang tersisa adalah benua Afrika.
Disaat pecahnya perang dunia 1 pada tahun 1914, italia telah mencaplok Eritrea dan Somalia, dan merebut sebagian wilayah kesultanan Utsmaniyah termasuk Libya meskipun kemudian pasukan Italia dikalahkan dalam usahanya untuk menaklukan Ethiopia. Di bawah pimpinan Benito Mussolini yang berkuasa sejak tahun 1922 ethiopia kemudian berhasil direbut, empat decade setelah kegagalan sebelumnya dan luas Italia di Eropa meningkat pesat. Namun pada perang dunia II italia diinvasi dan kekaisarannya runtuh.
3.      KERAJAAN JERMAN
Kerajaan Jerman merujuk kepada Jerman dari konsolidasinya sebagai sebuah Negara bersatu sejak kemenangan koalisi Konfederasi Jerman Utara dengan Negara-negara Jerman selatan (dimotori kerajaan Baden, Kerajaan Wurttemberg, dan kerajaan Bayern) atas Perancis dalam perang Prancis-Jerman 18 januari 1871, hingga turun tahtanya kaisar Wilhelm II pada tahun 1918. Sejak rezim inilah untuk pertama kalinya nama Jerman di pakai dalam pengertian modern yang sesungguhnya.
4.      KERAJAAN PORTUGAL
Imperium Portugal adalah imperium colonial Eropa modern yang berdiri paling awal dan terlama, hamper enam abad dari penguasaan Ceuta tahun 1415 hingga penyerahan Makau tahun 1999. Penjelajahan Portugis dimulai dengan menjelajahi Pantai Afrika tahun 1419 yang meliputi perkembangan terakhir dalam navigasi, kartografi dan teknologi maritime seperti caravel dan mereka menemukan jalur laut untuk sumber keuntungan perdagangan rempah-rempah.
Portugis adalah orang eropa pertama yang mengklaim di sub-sahara Afrika. Kendati luas wilayahnya kecil dan ekonominya melemah akibat perang selama beberapa tahun. Jajahannya meliputi Angola, Mozambik, Guinea-Bissau, Cape Verde, Sao Tome, dan Principe, Goa, Timor Timur, dan Macau.
Pada tahun 1961 India mengambil Goa dari portugis dan menjadi Negara bagian India. Pada tahun 1974 pemerintahan baru terbentuk di Portugal. Negara ini memberikan kemerdekaan kepada Angola, Mozambik, Guinea-Bissau, Sao Tome dan Principe, Cape Verde, dan Timor Timur pada 1975. Macau adalah Negara terakhir yang meninggalkan kerajaan ketika diserahkan ke Tiongkok pada tahun 1999.
5.      KERAJAAN OTTOMAN
Kekaisaran Ottoman telah menguasai sebagian besar timur tengah dan Afrika Utara sejak awal abad ke-16. Ottoman berkududukan di Konstantinopel kemudian berganti nama menjadi Istanbul, Turki. Pada awal perang dunia I ada pemberontakan dari populasi kekaisaran dan pemberontakan mendapat dukungan dari Inggris dan Prancis untuk melawan pemerintahan kerajaan.
Seusai perang perjanjian ditandatangani antara sekutu perang dan kekaisaran Ottonom. Dari perjanjian itu, Prancis dan Inggris memiliki Suriah, Libanon, Palestina, Jordania dan Irak. Pasukan Yunani menguasai Thrace Timur dan Inonia (Anatolia Barat) sementara Italia mendapat Dodecanese Islands dan pengaruh Zona-of-di selatan-Barat Anatolia. Armenia diberi status Negara merdeka yang jauh dari Anatolia Timur. Kekaisaran secara resmi berakhir pada 1 November 1922, ketika Turiki didekralasikan sebagai Republik.

(WKP/WDLSC/ES) 
                       Tempat Wisata Indonesia

                       Cerita Unik
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.